0

Sholat merupakan tiang agama (Islam), maka barang siapa yang mendirikan nya maka sungguh ia telah mendirikan agama (Islam) dan barang siapa merobohkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam ) itu, Yaaaa....itulah yang sering kita dengar saat kita masih kecil sampai sekarang.

Maka dari itu sholat merupakan salah satu komponen utama dalam bangunan Islam, hendaknya kita sebagai muslim dan muslimah mengkuatkan, mengkokohkan, agar bangunan Islam yang kita bernaung di dalamnya tidak roboh dan dirobohkan. Maka marilah kita tngkatkan kebaikan- kebaikan dalam sholat dengan melaksanaknnya dengan khusyu, berjamaah dan tepat waktu.

Khusyu
Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, bahwa ketika orang yang sedang shalat mengucapkan ”alhamdulillah”, Allah SWT menjawab ”hammadani ‘abdi (telah memuji kepada-Ku hamba-Ku).”Kata khusyuk berasal dari khasya’ yakhsyu’ khusyu’an yang artinya memusatkan segala ruh hati dan pikiran seorang mushali kepada semua gerakan dan bacaan dalam shalat. Sehingga, pikiran dan hatinya hanya terfokus di dalam shalat semata.

Berjamaah
Sejak diangkatnya Rasulullah Muhammmad SAW. Menjadi nabi maka sejak itulah terbentuknya sistem Berjamaah
Didalam Islam Berjamaah adalah sebuah keharusan dalam Al-Quran diJelaskan : wa tasimu bihabelillahi Jamiah wwalatafarroquh yang Artinya Berpegang teguhlah dengan Talinya Islam yaitu Berjamaah dan janganlah berpecah bela, dalam AlHadist Shohih Bukhori : Alaikum bilJamaah waiyyakum Walfirqoh yang artinya : Tetapilah berjamaah dan jauhui perpecahan (pecah belah) atau agama yang tidak melaksanakan Berjamaah

Tepat Waktu
Mendirikan shalat sudah menjadi rutinitas muslim, karena memang itu salah satu hal yang wajib dari perintah wajib lainnya yang harus ditunaikan. Begitu pentingnya shalat ini sehingga tidak ada ruang untuk kita melalaikannya(terutama bagi laki-laki yang sudah baligh); tidak mampu berdiri, kita bisa dengan duduk, tidak bisa duduk dengan berbaring, dan sebagainya sampai kita bisa melakukannya. Atau ketika tidak ada air kita bisa bertayamum, ketika dalam perjalanan kita bisa mengatur waktu shalat kita dengan menjamak atau mengqashar shalat kita. Inilah yang membedakan shalat dengan ibadah lain. Oleh karena itu, hendaklah kita sebagai seorang muslim terus meningkatkan kualitas ibadah shalat yang kita lakukan setiap harinya dengan baik dan benar. Benar dalam arti sesuai dengan Sunnah, Baik dalam arti mengerjakannya Semata-mata hanya karena Allah dan melaksanakan shalat dengan tidak menunda2 waktunya

Dikirim pada 19 September 2011 di Uncategories
Awal « 1 » Akhir


connect with ABATASA