0


Melakukan dengan khusyu pastinya sangat sulit dilakukan oleh para umat muslim. Tak hanya saya yang pasti, tetapi masih banyak muslim yang lain. Terkadang kita merasa sangat sulit untuk dapat mengalami kekhusyu`an dalam beribadah. Berbagai carapun kita lakukan untuk dapat khusyu tetapi malah sebaliknya bukan kehitmatan yang kita rasakan tetapi malah konsentrasi yang terpecah belah. Alhasilll, sholat yang kita kerjakan tidak sempurna.

Tentunya kita berfikir apa yang disebut dengan khusyu` itu? Dan bagaimana kita dapat mencapainya?

Sebenarnya kalau kita bisa memahami arti sholat khusyu yang sesungguhnya kita pasti juga akan dapat merasakan hasilnya, Saat seseorang melakukan sholat secara Khusyu`, maka di diri seseorang tersebut pastinya akan merasakan suatu ketenangan didalam hidupnya, khususnya tentang segala sesuatu yang telah menyebabkan gundah, risau serta jengkel didalam hati.

Sebelum sholat pasti kita meraskan sesuatu beban yang sangat berat yang mengganggu hati kita, Tetapi ketika kita selesai shalat, yang muncul di dalam hati kita justru kenyamanan dan kesegaran yang kita rasa, sampai- sampai kita berharap kalau itu jangan berhenti. Yaaa...inilah salah satu efek dari melakukan sholat secara khusyu. Karena Khusyu` adalah suatu wisata rohani bagi orang orang yang beriman dan merupakan suatu kenikmatan hati yang diberikan Allah kepada kita

Ada beberapa faktor juga yang menyebabkan Kekhuyu` an terganggu

Tidak fokus didalam melakukan sholat
Menahan lapar dan haus
Menahan Buang Air Besar ataupun kecil
Menahan Kantuk
Melihat sesuatu yang bikin lalai dalam shalat
Mengingat sesuatu yang menggangu pikiran
Mendengar suara orang ngobrol
Baca juga artikel tentang tata cara sholat khusyu

Dikirim pada 01 November 2011 di Uncategories
Awal « 1 » Akhir


connect with ABATASA